Juli 10, 2014

Kerajinan Bordir

Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.

Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, selain terkenal dengan potensi alam dan budayanya seperti Kebun Raya Purwodadi, Taman Safari II Prigen serta potensi sektor industri dengan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER)-nya di wilayah seluas 147.401,50 Ha ini juga terdapat potensi kerajinan bordir terutama dengan julukan di salah satu kota kecamatannya, Bangil Kota Bordir atau sering disingkat dengan Bangkodir yang dicanangkan pada tahun 2005 dengan even peragaan busana muslim 1KM yang memecahkan rekor MURI waktu itu . Pada tahun 2007, Kabupaten Pasuruan meraih Otonomi Award dari Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIP) dengan Bangil sebagai sentra perekonomian. 

Sentra Bordir Bangil

Di Bangil terdapat sebuah sentra kerajinan bordir yang terletak di Jl. Pattimura No. 999 Bangil. Lokasi yang strategis untuk pengembangan usaha karena terletak di jalan protokol Jawa Timur  yang menghubungkan surabaya dengan wisata seperti Taman Sari, Gunuung Bromo,  Banyu Biru, Ranu Grati dan arah wisata ke malang ataupun Bali.
Sentra Bordir Bangil yang juga merupakan sekretariat Asosiasi Pengusaha Bordir (ASPENDIR) Kabupaten Pasuruan. Karena di tempat ini tersedia berbagai pilihan souvenir menarik dan pernak pernik hasil kreasi dan kerajinan bordir dari berbagai wilayah Pasuruan. Memajang kerajinan bordir khas Kabupaten Pasuruan seperti tas , sandal, tempat tissue, tutup gelas, mukena, taplak panjang, sarung galon, mini bed cover, hand painting, daster, kebaya, sarung bantal, taplak meja, bordir lukisan dan berbagai hiasan unik lainnya yang semuanya dibordir. Tersedia juga kartu nama di bawah masing-masing hasil kerajinan bordir bila tertarik mengunjungi tokonya langsung.

Sepatu Bordir
Bermacam-macam aneka kerajinan Bordir

Tags

.
.