September 26, 2014

Tari Terbang Rudat


Tari Terbang Rudat meruapakan salah satu kesenian daerah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tari ini merupakan kesenian berkarakter agama islam yang dibawakan oleh para penari, vokalis dan pemain musik Rudat, dimana kolaborasi mereka harus tidak ada ketimpangan antara tarian, vokal, dan musik agar terlihat selaras. Lirik lagu yang dibawakan kesenian yang diiringi dengan musik terbang ini berisi lagu sanjungan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ragam gerak Tari Terbang Rudat terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Makna simbolik ragam gerak secara garis besar adalah mengajak umat untuk memasuki agama Islam yang terdapat pada ragam gerak jalan masuk dan ragam gerak jengket/duduk, makna simbolik kepahlawanan tergambar pada ragam gerak pencakan serta yang terakhir makna simbolik untuk menghormati leluhur dan menjaga kehidupan sosial terdapat pada ragam gerak hormat, roda berputar dan mbabat alas. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk menjadi perhatian dan pemahaman terutama para guru tari untuk menyampaikan makna simbolik di dalam satu gerak tari kepada sisiwa. Seperti pentingnya menghormati leluhur, menjaga silaturahim, serta beriman kepada Allah SWT.

Tari Terbang Rudat yang dibawakan oleh remaja putri dan diiringi dengan musik terbang dan lagu sanjungan kepada Tuhan Yang Maha Esa ini berkembang didaerah Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Purwodadi yang menjadi tarian khas Kabupaten Pasuruan.


.
.