Juni 13, 2014

Condido Agro Wisata

Condido agro wisata adalah sebuah obyek wisata yang sekaligus badan usaha di bidang tanaman hias, dengan bunga Krisan sebagai produk andalannya. Condido agro berdiri sejak tahun 1997 dan berlokasi di desa Tutur, kecamatan Tutur atau di daerah Nongkojajar dengan pendiri Condido Agro yaitu Romo Willy M.
Belajar dari sejarah dengan adanya budidaya tanaman hias di Nongkojajar sejak jaman Belanda dan sebagai alternatif dari sistem pertanian monokultur yang diusahakan masyarakat setempat. Maka, pada tahun 1999 Condido Agro mulai mengusahakan budidaya tanaman hias. Salah satunya adalah bunga potong krisan, yang pada tahun 2001 dibuka kemitraan dengan petani untuk memulai usaha yang sama.
Tahun 2002 Condido agro juga telah melengkapi lahannya dengan laboratorium kultur jaringan untuk fokus memproduksi bibit krisan dan beberapa tanaman lainnya seperti, Gerbera, Lily, Calla Lily, Leather leaf, dan Anthurium andreanum. Pada tahun 2003 Condido Agro memulai budidaya tanaman obat / herbal. Respon positif masyarakat dan tuntutan cara konsumsi yang lebih praktis. Tahun 2005 Condido Agro memproduksi dua jenis produk tanaman obat, yang berupa Simplicia (teh) dan serbuk. Saat ini telah ditanam sekitar 200 macam tanaman berkhasiat obat, yang dikumpulkan dari berbagai daerah di tanah air maupun dari luar negeri.

Fasilitas yang dimiliki Condido Agro
  •     Laboratorium Pembibitan
    Laboratorium pembibitan Condido Agro digunakan untuk memproduksi bibit krisan, Carnation, Lily, Calla lily dan Leather leaf. Disamping itu, juga melayani jasa penelitian untuk kultur jaringan tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara biasa.
  •     Nursery pembibitan krisan.
  •     Greenhouse untuk produksi bunga potong krisan dengan kapasitas 100.000 tangkai perbulan.
  •     Greenhouse untuk produksi bunga pot dengan kapasitas 10.000 pot per bulan dengan sistem irigasi tetes
  •     Lahan sayur-sayuran seluas 2 ha
  •     Lahan aklimatisasi tanaman koleksi yang disesuaikan dengan dengan habitat pertumbuhan tanamannya. Lahan berada di tiga lokasi dengan ketinggian tempat yang berbeda, yaitu: 5 ha pada ketinggian 0 - 200 mdpl, 2 ha pada ketinggian 900 – 1000 mdpl dan 3000 m2 pada ketinggian 1800 mdpl
  •     Lahan budidaya tanaman obat / herbal
  •     Unit pengolahan tanaman obat seperti mesin perajang, pengeringa dan mesin ekstraksi minyak tanaman
  •     Perpustakaan khusus pertanian dan tanaman obat
  •     Sarana internet


Produk
  •     Bibit Krisan
Bibit krisan yang diproduksi oleh Condido Agro dihasilkan melalui proses kultur jaringan dan mother plants yang terkontrol dengan baik dan selalu diperbaharui maksimum setiap enam bulan sekali.Saat ini terdapat sekitar 40 jenis bibit krisan yang diproduksi secara kontinyu.


  •  Bunga Potong
Bunga potong krisan yang dihasilkan oleh Condido Agro diproduksi melalui bibit yang terkontrol dan dipelihara dengan baik serta dipupuk dengan nutrisi buatan sendiri sehingga dihasilkan bunga yang berkualitas dan tahan lama.
Jenis bunga potong yang diproduksi saat terdiri dari:
  1.     40 macam Krisan potong
  2.     Carnation
  3.     Lily
  4.     Calla lily
  5.     Anthurium bunga
  6.     Leather leaf
  7.     Ivy
  8.     Florida beauty
  9.     Philodendron
  10.     Dan lain-lain

  •     Bunga Pot
Bunga pot yang dihasilkan Condido Agro di pelihara dengan baik sesuai dengan kebutuhan tanamannya. Saat ini terdapat berbagai jenis bunga pot yang diproduksi, diantaranya adalah:
  1.     Krisan Pot (30 macam bunga)
  2.     Kalanchoe
  3.     Kastuba
  4.     Sanseveira
  5.     Anthurium
  6.     Indoor Plant
  7.     Outdoor Plant

  •     Herbal Medicine
  1. Menyediakan bibit dari 200 jenis tanaman obat
  2. Simplicia dari 200 jenis tanaman obat
  3. Serbuk dari 200 jenis tanaman Obat
  4. Teh Rosella

 
 
  •    Sayur-sayuran
  1.     Bit
  2.     Kubis merah
  3.     Tomat
  4.     Kentang

  •     Kebun

  1.     Palem (± 50 macam)
  2.     Bambu (± 20 macam)
  3.     Plumeria (± 50 macam)
  4.     Adenium (± 20 macam)
  5.     Buah Naga (± 5 macam)
  6.     Tabulampot (± 10 macam)
  7.     Tanaman Koleksi dari berbagai daerah (± 300 macam)

Tags

.
.